Tutorial Menggunakan Windows Movie Maker

Posted by Steven Gunanto on Tuesday, September 7, 2010

Pada post kali ini saya akan membahas tentang cara menggunakan Movie Maker atau Pembuat Film.
Apa sih Movie Maker ? Jawaban : Movie Maker adalah semacam program yang udah disedian oleh windows yang kegunaannya untuk mengedit gambar,video,audio,dll yang akan dijadikan movie bergerak....(gak mungkin gak movie diem hehehe)

Langsung aja Tutorialnya bahan-bahan yang dibutuhkan ialah :



  • -Gambar,Video,Audio yang ingin diedit
  • -Windows Movie Maker (Start->All Programs->Windows Movie Maker)
  • -Pengguna (ya jelas lah)
Pertama-tama buka Windows Movie Maker maka tampilannya seperti dibawah ini :



Setelah itu masukin file yang ingin diedit caranya lihat disebelah kiri ada tulisan Capture Video dan dibawahnya terdapat 4 macam file yang ingin dimasukun.Dan dibawahnya terdapat terdapat Edit Movie dan disitu terdapat 5 macam file yang ingin diedit sesuai keinginan.Dibawah lagi terdapat kata Finish Movie fungsinya untuk menyimpan file yang telah dibuat.Sehingga gambarannya lihat dibawah :




Untuk cara penggunaanya :


1. Pada desktop computer kamu ,
• klik START
• klik PROGRAMS , lalu pilih ACCESSORIES , dan terkhir adalah pilih WINDOWS MOVIE MAKER . Maka kamu akan masuk ke aplikasi tersebut . kemudian , ikuti langkah berikut .

2. Jika aplikasi sudah mendukung , klik FILE dan klik NEW PROJECT (ctrl+N) , untuk memulai aplikasi tersbut .

3. Kemudian klik FILE lalu klik OPEN PROJECT untuk mengambil gambar di folder yang akan kita edit di Windows Movie Maker .

4. Sesudah itu , maka muncullah kotak dialog . pilih gambar yang akan di edit lalu klik OPEN . maka muncullah gambar tersebut di Windows movie maker .

Dalam Windows Movie Maker, Anda merekam atau mengimpor dari media lain dan Anda dapat mengeditnya secara langsung sebelum hasil rekaman tersebut disimpan . Proses editing ini di lakukan dalam tampilan STORYBOARD atau TIMELINE .
5. Dalam menggunakan Windows Movie Maker ini , saya sering menggunakan proses editing dalam tampilan STORYBOARD . Dengan cara klik kanan , dan klik ADD STORYBOARD , maka akan menampilkan gambar tersebut dalam dalam tampilan storyboard . perhatikan gambar di bawah ini .

6. Sesudah itu , jika kita ingin mengeditnya lebih bagus lagi , Anda bisa menambahkan Video Transitions dalam movie Anda , dengan cara klik COLLECTIONS , lalu klik VIDEO TRANSITIONS . Maka akan muncul kotak dialog yang berisi macam – macam video transitions dalam berbagai bentuk .


7. Pilih salah satu bentuk , misalnya transitions BARS atau CHECKERBOARD ACROSS , dan contohnya akan muncul , seperti yang di bawah ini :


8. Kemudian dalam bentuk transitions checkerboard across , klik kanan lalu copy ke tampilan Storyboard dan akan sendirinya bentuk itu terpaste ke tampilan tersebut .


9. Sesudah itu jika kita ingin melihat hasil dari bentuk transitions tersebut , lihatlah di samping , maka hasilnya adalah sebagai berikut .

10. Setelah itu , movie telah selesai . apabila Anda ingin menyimpannya , maka langkah-lagkahnya adalah sebagai berikut :
• Klik FILE
• Klik SAVE MOVIE FILE , maka akan muncul kotak dialog seperti di bawah ini .
• Dan terakhir , klik NEXT dan maka movie yang Anda buat akan tersimpan secara otomatis .



11. Dan terakhir , sesudah Anda menyimpan movie yang Anda buat , secara otomatis akan muncul WINDOWS MEDIA PLAYER , dan akan menampilkan movie yang telah Anda buat .

Demikian langkah-langkah dalam menggunakan windows movie maker telah selesai. Selamat mencoba !!!!!!!!!

Source website

Terima Kasih !

{ 2 comments... read them below or add one }

syahirio said...

gollllll

fadhilah said...

MAKASIIIIIIH

Post a Comment